Anggrek Larat

Anggrek larat (Dendrobium phalaenopsis) merupakan salah satu anggrek langka dari maluku. Anggrek ini pernah menjadi anggrek yang sangat digemari oleh pecinta anggrek disamping anggrek bulan. Oleh karena itu pada saat ini banyak sekali ditemukan anggrek hibrida komersial dendrobium yang merupakan hasil persilangan dari anggrek spesies (anggrek alami) jenis ini. Mungkin hal ini lah yang menjadi penyebab kelangkaan dan kepunahan bunga anggrek larat di habitat aslinya. Anggrek larat termasuk dalam 12 jenis spesies anggrek langka yang dilindungi di Indonesia berdasarkan peraturan pemerintah No 7 tahun 1999.

Anggrek larat disebut juga dengan sebutan Cooktown Orchid, berkerabat dengan anggrek merpati, anggrek albert, anggrek stuberi, anggrek jamrud, anggrek karawai, dan anggrek kelembai. Habitat asli anggrek ini pertama kali ditemukan di Pulau Larat, Tanimbar, Maluku. Oleh karena itu anggrek larat ditetapkan sebagai flora identitas Provinsi Maluku. Anggrek larat tumbuh di daerah yang bersuhu panas, dengan ketinggian 0-150 meter di atas permukaan laut. Anggrek ini merupakan anggrek epifit yang tumbuh pada pepohonan dan karang-karang kapur yang mendapat sinar matahari yang cukup.

Bunga anggrek larat berwarna ungu tua ataupun ungu pucat yang tersusun membentuk tandan yang tumbuh pada buku batangnya dengan posisi agak menggantung. Memiliki panjang tandan bunga sekitar 60 cm dengan jumlah bunga masing-masing tandan 6-24 kuntum. Tiap-tiap bunga memiiki garis tengah dengan panjang sekitar 6 cm. Daun anggrek larat membentuk lanset dengan ujung yang tidak simetris dengan panjang daun sekitar 12 cm dan lebar sekitar 2 cm. Daun kelopaknya juga berbentuk lanset dengan warna ungu. Daun mahkotanya lebih pendek, tetapi lebih lebar dari kelopak bunganya. Pangkal daun mahkotanya sempit dan runcing pada bagian ujungnya yang juga memiliki warna keungu-unguan. Bibir bertajuk tiga membentuk corong dengan tajuk tengahnya lebar dan runcing. Buah bunganya berbentuk jorong dengan ukuran panjang 3,2 cm. Batang anggrek larat berbentuk gada dengan pangkal yang kecil. Bagian tengahnya membesar dan mengecil kembali

 
Anggrek Langka, Jenis Anggrek
Anggrek Larat Yang Langka


Klasifikasi Ilmiah.
Kerajaan    : Plantae
Divisi         : Magnoliophyta
Kelas         : Liliopsida
Ordo          : Orchidales
Famili        : Orchidaceae
Genus        : Dendrobium
Spesies      : Dendrobium phalaenopsis