Budidaya Anggrek (Part 3)

Moga para pecinta anggrek nggak bosan yach ngebaca tulisan ini...khi..3x. Tulisan ini di tulis bukan untuk menunjukkan bahwasanya penulis lebih pinter lho... mealainkan hanya ingin berbagi dengan sobat pecinta anggrek dan bertukar pengalaman saja.. so.. silahkan di comment yach dengan pengalaman-pengalaman sobat sekalian.

Pada kesempatan kali ini pengalaman yang ingin di sharing adalah mengenai teknik penanaman, pemeliharaan tanaman dan pemberian pupuk buatan

a.    Teknik Penanaman
Penanaman tanaman anggrek, disesuaikan dengan sifat hidup tanaman anggrek, yaitu:

  1. Anggrek Epifit adalah anggrek yang menumpang pada batang/pohon lain tetapi tidak merusak/merugikan yang ditumpangi atau ditempelin. Alat yang dipakai untuk menempel adalah akarnya, sedangkan akar yang fungsinya untuk mencari makanan adalah akar udara. 
  2. Anggrek semi Epifit adalah jenis anggrek yang menempel pada pohon/tanaman lain yang tidak merusak yang ditempel, hanya akar lekatnya juga berfungsi seperti akar udara yaitu untuk mencari makanan untuk berkembang. 
  3.  Anggrek tanah/anggrek Terrestrial.
Anggrek Epifit, Anggrak terestrial, jenis-jenis anggrek


b.  Pemeliharaan Tanaman
     adapaun kegiatannnya meliputi: penjarangan dan penyulaman, penyiangan dan pemupukan
  1. Penjarangan dan Penyulaman, dilakukan pada tempat yang disesuaikan dengan jenis anggrek, yang sifatnya epphytis atau anggrek tanah. 
  2. Penyiangan, dilakukan pada saat tanaman anggrek berada di dalam botol dan pada saat tanaman anggrek di tanam ke dalam pot-pot yang telah disediakan sesuai dengan jenis anggrek. 
  3. Pemupukan. Pupuk yang digunakan adalah pupuk berunsur makro yaitu unsur yang diperlukan dalam jumlah besar, seperti: C, H, O, N, S, P, K, Ca, Mg. Pupuk berunsur mikro yaitu unsur yang dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit, antara lain: Cu, Zn, Mo, Mn, V, Sc, B, Si, dst. Unsur makro dan unsur mikro dapat diambil dari udara atau tanah dalam bentuk gas atau air dan garam-garam yang terlarut di dalamnya. Pemupukan pada tanaman anggrek dibagi dalam 3 tahapan, yaitu:
a.     Pemupukan untuk bibit (seedlings) dengan N, P, K.
Perbandingan N : P: K = 6 : 3 :1. Unsur N lebih banyak dibutuhkan untuk pembentukan pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Unsur N diambil dari pupuk ZA/urea, untuk P dipakai pupuk ES; DS; TS, dan K dari Kalium Sulfat (K2SO4). Pupuk-pupuk buatan yang mengandung N, P, K:
1. Urea            : 0,6 gr untuk 1 liter air
2. ES               : 0,3 gr untuk 1 liter air
3. ZK              : 0,1 gr untuk 1 liter air
b.      Pemupukan untuk ukuran sedang (mid-size) dengan N, P, K.
Perbandingan N : P : K nya adalah = 3 : 3 : 3. Karena perbandingan pupuknya sama, maka pupuk dapat dibuat sendiri dengan cara:
1. Urea            : 0,3 gram untuk 1 liter air
2. Ds                : 0,3 gram untuk 1 liter air
3. K2SO4        : 0,3 gram untuk 1 liter air
c.       Pemupukan untuk ukuran berbunga (flowerings-size)
 Tanaman yang sudah berbunga dipupuk dengan perbandingan N : P : K= 1 : 6 : 1.

c. Pemberian pupuk buatan
a.     Jika pupuk berbentuk padat/powder maka pemupukan dilakukan dengan cara menabur pupuk tersebut dengan hati-hati, agar puupuk tidak tersangkut pada daun/batang anggrek yang menyebabkan daun/batang anggrek terbakar.
b.     Jika pupuk dalam bentuk cair, maka pemupukan dilakukan dengan cara penyiraman atau pun dengan penyemprotan. Pemupukan dengan penyemprotan  merupakan metode pemupukan yang sangat baik dan banyak diterapkan oleh para petani anggrek.

Pupuk kandang yang sering digunakan sebagai pupuk untuk anggrek berasal dari kotoran kuda, sapi, kerbau, kambing, ayam dan lain-lain. Keuntungan penggunaan pupuk kandang untuk pupuk anggrek adalah selain mengandung unsur-unsur yang diperlukan anggrek, pupuk kandang dapat membantu dalam proses penyimpanan air, yang sangat dibutuhkan pada musim kemarau. Keburukan dari pupuk kandang adalah dalam kotoran banyak bateri yang mengandung jamur. Untuk itu sebelum diolah menjadi pupuk, kotoran hewan tersebut dianjurkan untuk disiangi lebih dahulu untuk menghilangkan jamur/bakteri di dalamnya. Pemupukan tanaman lebih baik dilakukan di waktu pagi atau sore.
 

1 komentar:

  1. .thanks gan infonya bermanfaat. buat agan-agan yang minat sama anggrek bisa beli disini http://kebunbibit.com/en/17-anggrek

    ReplyDelete