Anggrek, Tanaman Hias Multi Fungsi

Tanaman hias merupakan tanaman yang dipergunakan sebagai dekorasi dalam ruangan ataupun luar ruangan. Salah satu tanaman hias yang paling digemari adalah tanaman anggrek.
Anggrek dikenal sebagai tanaman hias yang sangat indah dan variasinya hampir tidak terbatas. Anggrek biasa dijual sebagai tanaman pot maupun sebagai bunga potong. Anggrek merupakan tanaman hias yang sangat populer dan langka sehingga saat ini banyak usaha yang dilakukan untuk menciptakan bunga anggrek varian baru. Cara yang ditempuh adalah dengan mengawin silangkan jenis anggrek satu dengan pohon anggrek lainnya dengan tujuan untuk mendapatkan anggrek varian baru dengan bentuk yang cantik dan tahan lama. Adapaun jenis anggrek terpopuler yang dijadikan sebagai tanaman hias adalah :

  1. Cattleya, bunganya besar dan spektakuler 
  2. Dendrobium, tanaman hias paling populer dari antara jenis-jenis anggrek 
  3. Grammatophylum, anggotanya termasuk Grammatophyllum scriptum yang dikenal juga dengan nama lokal anggrek Papua raksasa 
  4. Oncidium, termasuk di dalamnya anggrek "golden shower" 
  5. Phalaenopsis, kepopulerannya mendekati Dendrobium. Anggrek bulan adalah salah satu jenisnya 
  6. Spathyphyllum, anggrek tanah 
  7. Vanda, biasanya sebagai bunga potong

Manfaat anggrek, Tanaman Hias



Selama berabad abad, orang sering mengungapkan rasa cinta, simbol untuk kemewahan dan keindahan dengan mempergunkan bunga anggrek. Bahkan bangsa Yunani menggunkan bunga anggrek sebagai simbol kejantanan. Lain halnya dengan bangsa tiongkok. Bangsa tiongkok pada zaman dahulu mempercayai bahwa anggrek sebagai tanaman yang mengeluarkan aroma harum dari tubuh Kaisar Tiongkok.

Pada pertengahan zaman, anggrek mempunyai peran penting dalam pengembangan tehnik pengobatan menggunakan tumbuh-tumbuhan. Penggunaannya pun meluas sampai menjadi bahan ramu-ramuan dan bahkan sempat dipercaya sebagai bahan baku utama pembuatan ramuan ramuan cinta pada masa tertentu. Ketika anggrek muncul dalam mimpi seseorang, hal ini dipercaya sebagai simbol representasi dari kebutuhan yang mendalam akan kelembuatan, romantisme, dan kesetiaan dalam suatu hubungan.

3 komentar:

  1. check this site http://best1windowshosting.com/

    ReplyDelete
  2. Que ska bgt sama anggrek, low dah berbunga biasanya teruz berbunga truz, tpi low msih kecil aga'susah jg gedenya...!!
    punya Que ada yg udah lma bgt tpi msih kecil mpe' skrng, kurang pupuk X yaa...!!!

    ReplyDelete
  3. wihh nice info, saya pengunjung setia web anda
    kunjung balik, di web kami banyak penawaran dan tips tentang kesehatan
    Ada artikel menarik tentang obat tradisional yang mampu menyembuhkan penyakit berat, cek yuk
    http://goldengamat.biz/obat-tradisional-stomatitis/

    ReplyDelete