Anggrek Merpati

Anggrek merpati merupakan salah satu anggrek dari genus Dendrobium dengan nama latin Dendrobium crumenatum. Anggrek ini cukup populer karena bentuk bunganya menyerupai burung merpati yang sedang terbang. Habitat hdup jenis anggrek ini sangat luas, bisa ditemukan di Indonesia, Singapura, Thailand, Filipina dan Papua. Anggek merpati bisa bertahan hidup dimanapun, baik di dataran tinggi maupun di dataran rendah, bahkan anggrek ini bisa ditemui pada cabang-cabang pohon di pinggir jalan sekalipun. Kelebihan lain anggrek ini adalah toleran terhadap kekeringan, kemampuan menghasilkan keiki (anakan) yang sangat tinggi, tingkat pertumbuhan akar dan tunas yang cepat, serta tahan terhadap berbagai rentang intensitas cahaya yang kuat

Bagian sepal dan petal anggrek merpati berwarna putih dengan bentuk lidah (labellum) yang bervariasi. Warna bunganya putih agak kekuningan dengan aroma bunga yang cukup menarik, terutama di pagi hari. Biasanya aromanya hanya bertahan satu hari. Bunga-bunga anggrek merpati sering mekar secara bersamaan. Aroma yang ditimbulkan anggrek merpati bisa dijadikan sebagi aroma terapi. Anggrek merpati akan berbunga jika anggrek ini sudah dewasa yang ditandai dengan jumlah umbi yang mencapai 5-6 umbi dengan kondisi ujung umbinya telah keluar tangkai untuk pembungaan.

Anggrek, JenisAnggrek, Bunga anggrek
Anggrek Merpati

Bunga Anggrek, Jenis Anggrek, Budidaya anggrek
Proses Pembungaan Anggrek Merpati

Hal yang paling mempengaruhi proses pembungaan anggrek merpati adalah adanya perubahan suhu lingkungan yang terjadi secara mendadak (berkisar 3-8 0C). Jika perubahan suhu yang terjadi secara mendadak ini terjadi selama kurang lebih 3 minggu maka anggrek merpati akan terangsang untuk mengeluarkan bunganya yang dimulai dengan munculnya kuncup bunga yang siap mekar. Perubahan suhu umumnya di sebabkan karena terjadinya hujan yang cukup lebat atau turun hujan pada musim kemarau. Perubahan cuaca dadakan seperti ini akan membuat suhu di sekitar tumbuhnya anggrek merpati menjadi turun drastis antara 3-8 0C, hal ini lah yang menimbulkan rangsangan pada anggrek merpati untuk membentuk bunga, karena itu sering dijumpai pembungaan anggrek merpati terjadi serempak di satu daerah, karena memang bulan lalu terjadi curah hujan yang cukup lebat yang meliputi daerah tersebut,

Tentunya sangat sulit jika ingin menikmati keindahan dan aroma harum anggrek merpati jika kita hanya mengharapkan perubahan cuaca untuk merangsang pembungaannya. Oleh karena itu harus ada trik khusus agar pembungaan bunga anggrek merpati bisa berbunga pada waktu-waktu yang kita inginkan. Perencanaan pembungaan bunga anggrek merpati ini bisa dilakukan dengan cara pada saat panas terik mentari di siang hari, anggrek merpati yang telah memiliki tangkai untuk pembungaan disiram dengan air dingin. Hasilnya akan terlihat dalam waktu 3 minggu. Pada awalnya akan muncul bakal bunga dan satu minggu kemudian bunga anggrek merpati akan bermekaran.
Dendrobium crumenatum merupakan salah satu jenis anggrek alam yang sangat mudah untuk dipelihara, memiliki banyak variasi bentuk dan ukuran bunga. Pemisahan anggrek merpati dari rumpunnya bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Hal yang perlu dilakukan untuk memisahkan anggrek dari rumpunnya adalah: pisahkan minimal 2 batang besar atau 3-4 batang ukuran kecil. Bungkus bagian pangkal batang bawah yang memiliki akar dengan sedikit sabut kelapa yang telah dibasahi dengan air terlebih dahulu. Tahapan selanjutnya adalah tempelkan pecahan rumpun anggrek tadi pada pakis atau tanam anggrek tersebut di dalam pot yang berisi potongan pakis/arang. Tempatkan pecahan rumpun anggrek tersebut pada tempat yang teduh selama 2 hingga 3 minggu sampai akar baru tumbuh dan tanaman tampak kuat. Setelah itu, pindahkan tanaman di tempat yang lebih terang dengan terus memelihara kelembaban pada media tanamnya. Jika hal ini dilakukan dengan benar maka dalam waktu yang tidak terlalu lama (anggrek ini juga dikenal dengan anggrek yang memiliki laju pertumbuhan yang cepat) anggrek merpati yang baru akan bermekaran dan akan menambah koleksi pribadi anggrek anda.  
 

1 komentar:

  1. Peluang Bisnis Dahsyat Yusuf Mansur. "Orang islam harus KAYA"
    dan "Beli Kembali Aset Indonesia" dengan INDONESIA BERJAMAAH
    Segera Amankan Posisi Anda, Segera JOIN bersama
    Komunitas VSI , bisnis terbaru Ustadz Yusuf Mansur
    Dengan Produk V-pay ( Virtual Payment ) Anda akan
    dimudahkan dalam hal urusan pembayaran listrik,
    telpon, pulsa, PDAM, TV Berbayar, Internet, Asuransi,
    Kartu Kredit dan lain-lain. Transaksi dapat dilakukan
    melalui Website, SMS, Android, BlackBerry, iPhone dan YM.
    Penasaran Dengan Bisnis Ustd. Yusuf Mansur ini Kunjungi Website: KLIK DISINI

    ReplyDelete